Sejarah Singkat Sepeda Motor
Pada tahun 1885
Gottlieb Daimler dan mitranya Wilhelm Maybach, dua orang pakar mesin empat
langkah yang berasal dari Jerman ini, menciptakan sepeda motor pertama di
dunia. Daimler memasangkan mesin empat langkah berukuran kecil pada sebuah
sepeda kayu. Mesin tersebut diletakkan di tengah (di antara roda depan dan
belakang) dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Putra Daimler menjadi
orang pertama yang mengendarai sepeda motor ketika dia mencoba kreasi ayahnya
tersebut, pada tanggal 10 November 1885, dengan kecepatan mendekati 10Kpj.
Sepeda kayu bermesin itu diberi nama reitwagen (riding car) dan merupakan
sepeda motor pertama di dunia.
Selama Perang
Dunia I (1914-1918), sepeda motor terbukti sebagai sarana transportasi yang
tangguh bagi militer Amerika dan Eropa. Sepeda Motor mampu mengurangi beban
jalan raya dan mampu membawa alat komunikasi jauh lebih ke depan garis
pertempuran. Sesudah perang, penggunaan sepeda motor menyebar luas ke Eropa dan
Amerika. Periode 1960 dan 1970, perusahaan Jepang seperti Yamaha (Nippon
Gaki Co. Ltd) mulai memperkenalkan sepeda motor dengan pengembangan
pada mesin dan suspensi dan mampu bersaing dengan produsen motor yang sudah ada
terlebih dahulu. Pendirinya sendiri adalah orang Jepang asli namanya
Yamaha Torakasu yang lahir pada 20 April 1851, dia anak ketiga dari keluarga
Yamaha Konosuke. Produk pertama Yamaha adalah YA-1 Motorcycle dengan mesin berkapasitas 125cc, 2
tak silinder tunggal.
Sepeda Motor
Tidak Hanya sebagai Alat Transportasi
Sepeda
Motor yang dulunya hanya digunakan untuk memermudah dan membantu manusia untuk
transportasi dan berpindah ke tempat satu ke tempat laen dengan cepat, sekarang
beralih fungsi tidak hanya sebagia seperti yang disebutkan sebelumnya tetapi juga sebagai alat untuk tampil gaya, untuk
mencari pekerjaan, menyalurkan hobi, dan masih banyak lagi. Yamaha sebagai
salah satu produsen sepeda motor terbesar, memahami kebutuhan tersebut.
Misalnya dengan menjadinya valintino rossi dan jorge lorenzo sebagai juara moto
gp bersama tim yamaha di beberapa tahun terahir ini membuktikan seberapa besar
kapasitas kualitas yamaha. dengan awet dan murahnya suku cadang membuat sepeda
motor yamaha sebagi pilihan utama untuk mencari sepeda motor. Banyaknya pilihan
dan jenis sepeda motor yang dimiliki yamaha membuat konsumen bebas untuk
memilih sesuai apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Untuk yang mau tampil
retro ada yamaha mio fino, yang mau
tampil macho ada yamaha scorpio, dan yang mau tampil elegan tanpa menghilangkan
kemachoannya da vixion.
Pengalaman Selama Memiliki Motor Yamaha
Motor
yamaha yang saya miliki adalah Jupiter Z tahun 2007. Ayah saya yang membelikan
untuk kendaraan ke SMA yang kebetulan jarak antara sekolah dan rumah saya
lumayan jauh. Saya yang saat itu belum mengetahui pengetahuan tentang otomotif
bertanya kepada beliau, “kenapa harus Jipiter Z?” Ayah saya hanya menjawab,
“kamu akan tahu sendiri jawabannya.”
Jarak
antara Sekolah dan rumah saya kurang
lebih 10km dan dengan kondisi jalan yang kurang baik. Ditambah lagi setiap
musim penghujan jalan yang saya lewati sering terkena banjir. dan mau tidak mau
saya harus melewatinya. Ketinggian air saat terjadi banjir bisa mencapai
setinggi lutut orang dewasa. Saat menerjang banjir, banyak motor yang mogok.
Tetapi tidak dengan motor yamaha yang saya kendarai. Bahkan sampai sekarang
saya kuliahpun saya masih menggunakan motor yang sama. Peforma motor saya belum
menurun walaupun saya pakai untuk berkendara sejauh 80km setiap minggunya.
Dengan peforma, keawetan, dan kenyamanan yang sudah saya rasakan saya mengerti
apa maksud jawaban ayah saya dulu.
Yamaha Mengerti apa yang Dibutuhkan Konsumen
Banyaknya
pilihan dan jenis sepeda motor yang dimiliki yamaha membuktikan bahwa pabrikan
yamaha mengerti apa yang dibutuhkan para konsumennya. seiring
perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, sepeda motor Yamaha pun terus
bekembang yang sekarang di Indonesia ada Mio, MioJ, Soul GT, Jupiter Z1,
Jupiter MZ, Byson, Vixion, Scorpio, R6, R1, V-Max dan masih banyak lagi. Banyaknya
pilihan dan jenis sepeda motor yang dimiliki yamaha membuat konsumen bebas
untuk memilih sesuai apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Untuk yang mau
tampil retro ada yamaha mio fino, yang
mau tampil macho ada yamaha scorpio, dan yang mau tampil elegan tanpa
menghilangkan kemachoannya ada
vixion. Dan ada lagi salah satu produk unggulan yamaha yaitu yamaha xeon RC. Sesuai dengan selogannya “keren,ceppat, canggih” Yamaha Xeon RC merupakan metik yang menggunakan
teknologi jet fuel injection. Yang memiliki keuntungan akselerasi dan tenaga mesin
sangat baik, konsumsi bahan bakar lebih efisien dan emisi gas buang lebih ramah
lingkungan. Teknologi FI Yamaha memberikan keuntungan bahan bakar lebih hemat
di atas 30 persen, serta emisi dan polusi rendah. Dengan sistem injeksi, bahan
bakar disuplai sesuai kebutuhan mesin sehingga menghemat bahan bakar. FI juga
ramah lingkungan sesuai standar euro3 yang akan mulai diaplikasikan di
Juli 2013. Yamaha Semakin tak Tertandingi.
Sumber : http://gilamotor.com