Selasa, 13 November 2012

Model Data Relational lanjut

Model Data Relational lanjut 

A. Varian Entitas :
1. entitas kuat adalah sebuah himpunan entitas yang dilibatkan dalam ERD dan tidak memiliki ketergantungan  terhadap himpunan entitas lain.


2. entitas lemah adalah suatu entity yang keberadaannya tergantung dari entity yang lain dan itdak memiliki atribute yang berfungsi sebagai key attribute.


B. Agregasi
suatu gambaran himpunan relasi secara langsung yang menghubungkan sebuah himpunan entitas dengan sebuah himpunan relasi dalam ERD.

Tranformasi Model Data ke Basis Data Fisik

Dengan beberapa ketentuan:
a. ERD dipepresentasikan menjadi sebuah basis data secara fisik.
b. komponen ERD ditransformasikan menjadi tabel.
c. atribute yang melekat pada tiap hipunan entitas dan relasi akan dinyatakan sebagai field dari tabel yang sesuai.

Transformasi Dasar:

1. relasi 1-1 : menghubungkan 2 buah himpunan  entitas yang direpresentasikan dalam bentuk penambahan/penyertaan atribut relasi yang mewakili kedua entitas.

2. relasi 1-N : menghubungkan 2 buah himpunan entitas yang dereprentasikan dalam bentuk pemberian atribut key dari himpunan entitas berderajat 1 ke tabel yangmewakili himpunan entitas berderajat N.

3. relasi N-N : menghubungkan 2 buah himpunan entitas yang dibentuk dalam tabel khusus dan memiliki foreigh key dari himpunan entitas yang dihubungkan.


Implementasi Himpunan Entitas Lemah dan Sub Entitas

dalam hal ini sebuah himpunan entitas lemah dan sub entitas dalam diagram ER diimplementasikan kedalam sebuah tabell sebagaimana entitas kuat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar